Home » » Mengatasi Gusi Berdarah

Mengatasi Gusi Berdarah

Pada saat kita sedang menyikat gigi terkadang ada darah yang terlihat pada busa dari pasta gigi yang kita pakai,sehingga busa berwarna merah muda. Biasanya darah tersebut berasal dari gusi, dimana kondisi ini sebagai petanda adanya suatu kelainan pada daerah gusi. Bila ini terjadi, perlu kita ketahui apa saja penyebab dari gusi berdarah yang paling mungkin sedang dialami sehingga mempermudah kita melakukan perawatan dan mengobatinya. Sehingga kondisi ini segera dapat teratasi.

Mengatasi Gusi Berdarah


Seperti diketahui, daerah gusi merupakan daerah yang banyak sekali pembuluh darah kecil dan rapat sehingga pada penampakannya gusi berwarna merah, keadaan ini juga yang memungkinkan gusi mudah berdarah, Disamping itu juga gusi merupakan salah satu jaringan penyokong gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi akan mempengaruhi gusi, begitu pula sebaliknya.

Karena pendarahan gusi juga dapat merupakan tanda suatu kelainan maka kita harus, dapat mengenal dan cara mengatasinya sehingga pendarahan pada gusi dapat teratasi dan bila ada kelainan sistemik atau yang lebih serius dapat segera diketahui. Untuk mengatasi gusi berdarah yang harus dilakukan adalah :

  1. Kebersihan gigi dan mulut merupakan yang paling utama untuk meminimalisir gusi berdarah kunjungan kedokter gigi disarankan 2 kali setahun, untuk membersihkan kemungkinan adanya karang gigi yang tidak dapat/tidak terjangkau untuk dibersihkan sendiri. 
  2. Pemilihan bulu sikat yang lembut bila gusi sangat sensitif atau gusi yang sedang meradang. 
  3. Bila gigi yang tidak beraturan disarankan perbaikan susunan gigi geligi dengan perawatan orthodonti dan bila ada gigi yang tumbuh tidak sempurna/miring (gigi bungsu), maka dilakukan pengangkatan dengan tindakan bedah ringan. 
  4. Bila kelainan telah menyangkup jaringan periodontal disertai peradangan (adanya nanah) dan kerusakan tulang (terlihat melalui rontgen foto panoramic). Maka tindakan bedah ringan untuk membersihkan jaringan jaringan yang tidak sehat dapat dilakukan agar tulang dan jaringan sehat akan tumbuh kembali, 
Tetapi bila telah dilakukan tindakan tindakan diatas tetapi gusi masih tetap sering berdarah, maka dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut agar dapat diketahui kemungkinan adanya kelainan sistemik/kelainan yang lebih serius lainnya yang menyebabkan gusi berdarah.



Mengatasi Gusi Berdarah - Kanal Arudam