Home » » Serbuk Batang Nanas Turunkan Kolesterol

Serbuk Batang Nanas Turunkan Kolesterol

Vendra Setiawan seorang mahasiswa S2 Jurusan Farmasi Universitas Surabaya menemukan manfaat dari batang nanas. Melalui sebuah penelitian ternyata serbuk batang nanas dapat dijadikan suplemen makanan untuk menurunkan kolesterol serta meningkatkan insulin.

Serbuk Batang Nanas Turunkan Kolesterol

Awal penelitian ini dilakukan setelah mendapat tawaran pengolahan nanas dari salah satu perusahaan besar, namun Vendra memilih batang nanas yang kaya akan kandungan tertentu menjadi bahan utama penelitian selama 10 bulan.

Batang nanas yang merupakan limbah produksi olahan nanas mengandung xylan dan jika dicampur dengan enzim Xylnase melalui bakteri Bacillus Licheniforms maka akan mengubah Xylan menjadi Xylo-Oligosaccharide dalam bentuk serbuk untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Buah nanas memberikan manfaat banyak kepada masyarakat. Buah nanas kaya akan vitamin C, anti- inflamasi dan anti-kanker, selain itu batang nanas mampu membantu menurunkan kolesterol.

Menurut mahasiswa kelahiran Tulungagung ini juga menjelaskan bahwa serbuk batang nanas juga bermanfaat sebagai prebiotik yang baik untuk pencernaan. Namun, penelitian tersebut masih belum diujikan aktivitasnya pada manusia, kedepan penelitian ini akan dilanjutkan dengan membentuk suplemen untuk masyarakat.

Dr Dra Mariana Wahjudi MSi selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa penelitian terhadap serbuk nanas memang sangat menarik karena mampu memanfaatkan limbah makanan menjadi produk yang dapat bermanfaat bagi manusia. Kedepan diharapkan agar penelitian ini bisa dilanjutkan, terutama dalam hal produksi sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Dikutip dari Antara

Serbuk Batang Nanas Turunkan Kolesterol - Kanal Arudam