Home » » Google PageRank Resmi Tidak Update

Google PageRank Resmi Tidak Update

Pertengahan April 2016 ini, google resmi meniadakan update Pagerank (PR) di toolbar dan menjadikan semua situs menjadi PR 0 semua. Keputusan ini cukup lama terjadi, setelah akhir 2013 tidak ada update PR. Artinya, semua webmaster tidak akan dapat melihat skor PageRank yang merupakan sistem untuk menentukan peringkat halaman web yang dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Google PageRank Resmi Tidak Update


Apakah PageRank sudah tidak digunakan lagi?

Menurut beberapa sumber, Google Pagerank masih tetap digunakan, namun menjadi rahasia algoritma Google. Hanya Google yang akan tahu berapa nilai atau skor PR halaman website, yang nantinya akan digabungkan dengan algoritma lainnya sebagai penentu hasil peringkat di mesin pencari Google (SERP).

Dengan tidak adanya skor PageRank di semua situs, webmaster tidak akan berusaha lagi memburu backlink dari situs ber-PR tinggi karena tidak diketahui skor-nya. Lantas bagaimana untuk mengetahui sebuah situs "berkualitas"? Meskipun bukan produk Google setidaknya bisa menggunakan tools dari MOZ untuk mengetahui kualitas situs melalui DA dan PA -nya.

Yang terpenting tetap ngeblog... :)

Sumber: Google PageRank Resmi Menghapus Toolbar PR