Home » » Tiada Hari Tanpa Belajar

Tiada Hari Tanpa Belajar

Albert Einstein, ilmuwan Jerman yang terkenal dengan teori relativitasnya; memiliki satu semboyan bijak: "Intellectual growth should commence at birth and cease only at death" (pertumbuhan intelektual harus dimulai semenjak lahir dan hanya berhenti saat kematian). Tak dapat dipungkiri, semangat belajar ilmuwan peraih penghargaan Nobel Fisika ini tidak pernah lekang hingga akhir hayatnya.

Tiada Hari Tanpa Belajar

Generasi muda harus belajar untuk menghargai proses. Dosen yang benar tidak menilai mahasiswa hanya dari jawaban mereka di ujian, tetapi juga usaha mereka untuk memperoleh itu. Demikian juga Guru terhadap siswanya. Selamilah prosesnya, kumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya, jangan takut gagal, karena dalam kegagalan ada pelajaran yang tak ternilai harganya.

Pergi ke luar daerah maupun luar negeri itu merupakan salah satu media pembelajaran yang penting. Kamu bisa membaca, mendengar, dan melihat tentang luar daerah; tetapi akan berbeda jika mengalaminya sendiri. Melihat kultur di negara-negara maju kita dapat mempelajari prinsip-prinsip mereka dan memprediksi bagaimana Indonesia akan berkembang nantinya. Untuk bisa tahu bagaimana Indonesia di masa depan, cara paling mudah adalah dengan melihatnya sendiri di negara yang sudah maju.

Kita ingin memiliki lebih banyak generasi penerus yang optimis, penuh dedikasi, dan memiliki rasa keingintahuan tinggi. Jangan pernah berhenti belajar. Siapapun yang berhenti belajar, maka jiwanya telah mati. Siapapun yang selalu belajar, maka jiwanya akan selalu muda, tak peduli usianya dua puluh, atau delapan puluh tahun.

Tiada Hari Tanpa Belajar - Kanal Arudam