Home » » Labial Veneer untuk Estetik Gigi

Labial Veneer untuk Estetik Gigi

Perawatan alternatif untuk memperbaiki estetik gigi kedokteran yang berupa memutihkan/ bleaching disertai perbaikan bentuk anatomis dan susunan gigi yang kurang baik. Salah satunya adalah labial veneer.

Labial Veneer untuk Estetik Gigi

Labial veneer secara kasat mata dapat disamakan dengan bleaching bila dilihat dari hasil nya dimana gigi menjadi lebih putih/ warna dapat sesuai keinginan pasien, Tapi labial veneer juga dapat dikatakan sebagai gigi tiruan karena melapisi bagian permukaan gigi dengan mengambil sebagian gigi lalu menutup dengan bahan lain, tapi semuanya mempunyai tujuan sama untuk memperbaiki estetik gigi.

Baca juga tentang Periodontitis Infeksi Pada Jaringan Penyangga Gigi

Labial veneer merupakan suatu lapisan tipis bahan tambal yang menutupi permukaan bagian luar gigi terutama pada gigi anterior/ gigi-gigi yang terlihat pada waktu tersenyum. Labial veneer diindikasikan pada gigi dengan keadaan:

  • Gigi dengan perubahan warna 
  • Gigi dengan perubahan bentuk
  • Gigi dengan posisi yg sedikit kurang baik

Bahan yang digunakan dapat berupa resin komposit ataupun porselen. Labial veneer menurut cara pengerjaannya terbagi menjadi direct & indirect.

Direct veneer yaitu veneer dilakukan dengan melekatkan bahan tambah resin komposit langsung pada permukaan gigi yang sebelumnya telah dilakukan pengasahan pada permukaannya. Cara pengerjaannya adalah:

  1. 1. Veneer langsung diletakkan pada permukan gigi 
  2. 2. Hanya sekali kunjungan 
  3. 3. Hanya menggunakan bahan komposit 
  4. 4. Biaya lebih murah. 

Indirect veneer

  1. Tehnik tidak langsung 
  2. Dikerjakan oleh Laboratorium 
  3. Minimal 2 x kunjungan 
  4. Bahan yang digunakan dapat komposit/ acrylic dan porcelain. 
  5. Prosedur pengerjaannya setelah gigi dikurangi dilakukan pencetakan untuk mendapatkan model kerja guna proses pembuatan veneer setelah itu baru ditempelkan pada gigi dengan lem khusus.
Cara pengerjaan veneer baik direct maupun indirect ada bagian yang dikurangi biasanya hanya pada bagian luar gigi saja yang dapat terlihat dari depan. Tujuannya adalah untuk menyediakan tempat bagi selapis tipis bahan tambal yang akan digunakan, dan bagi bahan resin komposit hal ini dilakukan agar bahan tambal dapat melekat ke permukaan gigi dengan kuat.tapi pada kondisi tertentu dan dengan makin majunya tehnologi dimana warna dari bahan gigi dan pelekat semakin baik, maka saat ini sudah dapat dilakukan veneer tanpa mengurangi bagian luar dari gigi.

Labial Veneer untuk Estetik Gigi - Kanal Arudam

0 comments:

Post a Comment