Home » » Kuliner khas Kota Bahari Tegal

Kuliner khas Kota Bahari Tegal

Tegal sebagai kota Bahari bukan hanya memiliki sejarah tentang pelabuhan Tegal yang menarik namun juga memiliki kuliner yang cukup menarik juga. Bukan Wartegnya (Warung Tegal) yang sudah kondang di kota besar seperti Jakarta.

Kota Tegal juga terkenal dengan penyajian teh di poci yang terbuat dari tanah liat dengan gula batu sebagai pemanisnya. Disamping ikut, Tegal juga memiliki kuliner khas yaitu:

1. Kuliner Nasi Lengko. Makanan ini mirip dengan nasi lengko Cirebon atau memang berasal dari sana. Namun di Tegal masakan ini cukup terkenal dan sangat cocok untuk vegetarian karena tidak menggunakan bahan hewani. Nasi lengko berupa nasi putih ditambah potongan kecil tahu dan tempe serta tauge yang telah direbus. Kemudian disiram dengan bumbu kacang dan kecap khas Cirebon yang terkenal dengan rasanya yang khas dan lebih encer dari kecap pada umumnya di atasnya. Biasanya saat dihidangkan nasi lengko ditaburi daun kucai yang dicincang halus dan bawang goreng.

 Kuliner Nasi Lengko


2. Kuliner Nasi Ponggol. Nasi bungkus daun pisang dengan lauk seperti oseng-oseng tempe, mie goreng, telur, ikan asin, tahu, tempe, mendoan, dan krupuk. Yang uni dari nasi ponggol adalah oseng-oseng tempe dijemur terlebih dahulu selama 1 hari sebelum dimasak. Umumnya nasi ponggol disebut juga nasi setan karena dijual hingga dini hari. Namun saat ini nasi ponggol dijual juga pada pagi hari sebagai menu sarapan.

Kuliner Nasi Ponggol


3. Kuliner Tahu Aci. Tahu Aci adalah tahu kuning yang banyak diproduksi di daerah kabupaten Tegal berbentuk segitiga yang dibelah tengahnya untuk diisi adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci, potongan daun kucai, dan beberapa bumbu lainnya. Tahu aci Tegal dijajakan hampir di setiap pinggir jalan bahkan menjajakan di dalam bus. Orang luar biasa menyebutnya dengan Tahu Tegal atau Tahu Kuping.

Kuliner Tahu Aci


4. Kuliner Jajanan Olos. Makanan ini hampir mirip dengan cimol yang banyak terdapat di daerah Bandung. Bedanya, kalau cimol tidak terdapat isi di dalamnya, tetapi ada isi sayuran di dalamnya yang sangat pedas. Olos berbentuk bulat seperti bakso, terbuat dari adonan tepung kanji serta isi di dalamnya biasanya terdiri dari sayuran seperti kol dengan campuran potongan cabai rawit. Rasanya kenyal, empuk, gurih, dan pedas. Benar-benar cocok untuk lidahnya orang Indonesia.

Kuliner Jajanan Olos


Info Kuliner Kota Tegal - Kanal Arudam