Home » » Ayo, Lindungi Flora dan Fauna Indonesia

Ayo, Lindungi Flora dan Fauna Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Flora dan fauna Indonesia merupakan yang terlengkap di dunia. Terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia, dan merupakan negara kepulauan, hal inilah yang diyakini menjadi sumber kekayaan nan hakiki itu.

Berbagai jenis fauna yang meliputi Mamalia (lebih dari 500 jenis), Kupu-kupu (lebih dari 100 jenis), Reptil (lebih dari 600 jenis), Burung (lebih dari 1.500 jenis), dan Amfibi (lebih dari 250 jenis). Persebaran fauna dikelompokkan dalam tiga wilayah geografis yaitu fauna Indonesia Barat, fauna Indonesia Tengah, dan fauna Indonesia Timur. Selain fauna, Indonesia pun terkenal kaya akan flora. Tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu tempat ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia.

Flora atau dunia tumbuhan di berbagai tempat di dunia pasti berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain iklim, jenis tanah, relief atau tinggi rendah permukaan bumi, dan biotik atau pengaruh makhluk hidup. Adanya faktor-faktor tersebut, Indonesia memiliki keanekaragaman jenis tumbuh-tumbuhan. Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi, misalnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan daerah yang curah hujannya relatif kurang tidak memiliki hutan, seperti di daerah Nusa Tenggara. Daerah ini banyak di tumbuhi semak belukar dengan padang rumput yang luas.

Lindungi Flora dan Fauna Indonesia


Ayo, Lindungi Flora dan Fauna Indonesia


Saat ini laju kepunahan spesies flora dan fauna semakin meningkat sedangkan belum semua spesies telah terungkap keberadaanya. Saat ini Indonesia mendapat sorotan dunia akibat laju deforestasi dan degradasi hutannya yang cukup cepat yang juga berakibat pada tingginya laju kehilangan jenis, baik flora, fauna, dan mikroorganisma. Beberapa jenis flora dan fauna komersial bahkan sudah masuk dalam daftar Apendiks CITES. Namun sayangnya program kegiatan penyelamatan flora dan fauna yang terancam punah terkendala oleh berbagai faktor diantaranya adalah belum efektifnya kebijakan yang ada saat ini, dan pelaksanaan program konservasi di lapangan yang belum sesuai dengan harapan.

Kecepatan hilangnya keanekaragaman hayati secara nyata baik ditingkat global, regional dan nasional dapat dicegah dengan melakukan upaya pengumpulan informasi terkini dan membangun database menyangkut status ekologis, potensi, dan persebaran alami beberapa jenis flora/fauna dan mikroorganisma potensial, multiguna dan terancam punah di Indonesia dan mempromosikan pemanfaatan dan pengelolaan flora dan fauna secara lestari.


Lindungi Flora dan Fauna Indonesia - Kanal Arudam

0 comments:

Post a Comment